MANAJEMEN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MEREDUKSI GLOSSOPHOBIA PADA TUTOR BIMBINGAN BELAJAR

  • Solihatun Solihatun Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Yuda Syahputra Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Evi Fitrianti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Anisa Melamita Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan strategi manajemen komunikasi efektif guna mereduksi gejala glossophobia pada tutor di Bimbingan Belajar Rumah Belajar Rukun, Jakarta Selatan. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan pelatihan komunikasi yang mencakup pemahaman intrapersonal dan interaksional, keterampilan public speaking, serta teknik mengelola emosi dan tekanan sosial saat berbicara di depan umum. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan one group pretest-posttest design, yaitu suatu bentuk desain eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengukur efektivitas intervensi melalui perbandingan data sebelum dan sesudah perlakuan dalam satu kelompok yang sama. Dalam konteks ini, intervensi yang dimaksud adalah pelatihan manajemen komunikasi yang diberikan kepada tutor Bimbingan Belajar Rumah Belajar Rukun untuk mereduksi glossophobia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Penguatan Kemampuan Mengatasi Glossophobia Berbasis Praktik Komunikasi Efektif memberikan dampak positif terhadap penurunan tingkat glossophobia pada tutor di Rumah Belajar Rukun. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest ke posttest, yang secara statistik signifikan berdasarkan hasil uji t-test. Kegiatan ini tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi profesional tutor, tetapi juga berdampak positif terhadap mutu layanan pendidikan informal yang diberikan kepada masyarakat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aljabri, A., Rashwan, D., Qasem, R., Fakeeh, R., Albeladi, R., & Sassi, N. (2020). Overcoming Speech Anxiety Using Virtual Reality with Voice and Heart Rate Analysis. 2020 13th International Conference on Developments in ESystems Engineering (DeSE), 311–316. https://doi.org/10.1109/DeSE51703.2020.9450783

Balakrishnan, S., Abdullah, N. L., & Khoo Mei Sui, L. (2022). Glossophobia among Engineering Learners: A Case Study at a Technical University. Asian Journal of University Education, 18(1), 1. https://doi.org/10.24191/ajue.v18i1.17154

Edwards, P., & Bowen, P. (2019). Language and communication issues in HIV/AIDS intervention management in the South African construction industry. Engineering, Construction and Architectural Management, 26(6), 962–988. https://doi.org/10.1108/ECAM-12-2017-0260

Fitriyanti, E., Solihatun, S., & Folastri, S. (2022). Pembinaan Soft Skill Keterampilan Berkomunikasi melalui Layanan Penguasaan Konten pada Remaja Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 43–57. https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1336

Hall, K. L., Vogel, A. L., & Crowston, K. (2019). Comprehensive Collaboration Plans: Practical Considerations Spanning Across Individual Collaborators to Institutional Supports. In Strategies for Team Science Success (pp. 587–612). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20992- 6_45

Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). Pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 101-112.

Herumurti, D., Yuniarti, A., Rimawan, P., & Yunanto, A. A. (2019). Overcoming Glossophobia Based on Virtual Reality and Heart Rate Sensors. 2019 IEEE International Conference on Industry 4.0, Artificial Intelligence, and Communications Technology (IAICT), 139–144. https://doi.org/10.1109/ICIAICT.2019.8784846

Jannah, M., Alam, F. A., & Taufik, T. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 33 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 27-38.

Jinga, N., Moldoveanu, A., Moldoveanu, F., Morar, A., & Balan, O. (2021). VR TRAINING SYSTEMS FOR PUBLIC SPEAKING - A QUALITATIVE SURVEY. 174–181. https://doi.org/10.12753/2066-026X-21-092

Khurpade, J. M., Gangawane, A. A., Ostwal, G. S., Lalwani, D. M., & Vidye, R. G. (2020). The Effect of Virtual Reality and Heart Rate Variability Using Deep Learning for Reducing Stage Fright- Glossophobia. 2020 International Conference on Industry 4.0 Technology (I4Tech), 195–198. https://doi.org/10.1109/I4Tech48345.2020.9102645

Nayla, A., Fatimah, S., & Arifin, Z. (2024). Presenter Skills For Mothers" Dasa Wisma" Pengkol Village Jepara District. Indonesian Language, Literature, and Art in the Digital Age in Global Contestation and Constellation, 271.

Raharjo, T. J., Mu’arifuddin, M., Wulansari, E., Harianingsih, H., Sudargini, Y., & Hidayati, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Organisasi pada Dasawisma Matahari Patemon Gunungpati. Journal of Community Empowerment, 2(2), 39–43. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.58767

Rayani, D. F., Bin Sallman, A. M., Barayan, R. M., Maghrabi, R. A., Morsy, N. M., Elsayes, H. A., Mahsoon, A. N., & Sharif, L. S. (2023). Glossophobia: A Cross-Sectional Assessment of Public Speaking Anxiety among Saudi Nursing Students. Nurse Media Journal of Nursing, 13(2), 166–175. https://doi.org/10.14710/nmjn.v13i2.50028

Reni Susanti, & Sri Supriyantini. (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 9(Desember), 119–129.

Rokhmansyah, A., Nuryatin, A., & Supriyanto, T. (2025). Communication Strategies to Manage Language Study Programs in Indonesian Universities. International Research Journal of Multidisciplinary Scope, 06(01), 541–551. https://doi.org/10.47857/irjms.2025.v06i01.02688

Siburian, A., Siahaan, E. A., Naibaho, D., Pendidikan, J., Kristen, A., Agama, I., & Tarutung, K. N. (2023). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11202–11209. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Solihatun, S., Fitriyanti, E., & Folastri, S. (2022). Jakarta Selatan 12530. Analisis Rasch: Kemampuan Komunikasi Remaja Ditinjau Dari Gender. Psychocentrum Review, 4(1), 33–43. https://doi.org/10.26539/pcr

Suhufi, J., Taufik, T., & Imran, A. F. (2025). Hubungan Layanan Informasi Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa MTs Tahfidzul Quran Assalam. Journal of Psychology and Counseling Practice, 1(1), 24-31.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Specker, P., & Nickerson, A. (2023). Investigating the effectiveness of instructing emotion regulation flexibility to individuals with low and high anxiety. Anxiety, Stress, & Coping, 37(1), 143–156. https://doi.org/10.1080/10615806.2023.2205641

Diterbitkan
2025-10-26